Experts Systems
System Pakar
(Expert System) adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke
computer agar computer dapat menyelesaikan masalah seperti biasa yang dilakukan
oleh para ahli.
Bentuk Sistem Pakar
Ada 4 bentuk dalam
system pakar, yaitu:
1. Berdiri sendiri.
System pakar jenis ini merupakan software yang berdiri sendiri tidak tergabung
dengan software yang lainnya.
2. Tergabung.
System pakar jenis ini merupakan bagian program yang terkadung di dalam suatu
algoritma (konvesional), atau merupakan program dimana didalamnya memanggil
algoritma subrutin lain (konvesioanal).
3. Menghubungkan ke
software lain. Bentuk ini biasanya merupakan system pakar yang menghubungkan ke
suatu paket program tertentu, misalnya dengan DBMS.
4. System mengabdi.
System pakar merupakan bagian dari computer khusus yang dihubungkan dengan
suatu fungsi tertentu. Misalnya system pakar yang digunakan untuk membantu
menganalisis data radar.
Struktur Sistem
Pakar
System pakar
disusun oleh 2 bagian utama, yaitu:
1. Lingkungan
pengembangan (development enviroment).
- Lingkungan
pengembangan system pakar digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam
lingkungan system pakar.
- Digunakan sebagai
pembangunan system pakar baik dari segi pembangunan komponen maupun basis
pengetahuan.
2. Lingkungan
konsultasi (consultation enviroment).
- Lingkungan
konsultasi digunakan oleh pengguna yang bukan pakar guna memperoleh pengetahuan
pakar
- Digunakan oleh
seseorang yang bukan ahli untuk berkonsultasi.
Komponen-Komponen
Sistem Pakar
1. Subsistem
penambahan pengetahuan. Bagian ini digunakan untuk memasukkan pengetahuan,
mengkonstruksi atau memperluas pengetahuan dalam basis pengetahuan.
2. Basis
pengetahuan. Berisi pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami,
memformulasikan dan menyelesaikan masalah.
3. Motor inferensi.
Berisi metodologi yang digunakan untuk melakukan penalaran terhadap
informasi-informasi dalam basis pengetahuan dan blackboard, serta digunakan
untuk memformulasikan konklusi.
4. Blackboard. Merupakan
area dalam memori yang digunakan untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung
termasuk keputusan sementara.
5. Antarmuka.
Digunakan untuk media komunikasi antara user dan program.
6. Subsistem
penjelasan. Digunakan untuk melacak respond an memberikan penjelasan tentang
kelakuan system pakar secara interaktif melalui pertanyaan.
7. System penyaring
pengetahuan. System ini digunakan untuk mengevaluasi kinerja system pakar itu
sendiri untuk melihat apakah pengetahuan-pengetahuan yang ada masih cocok untuk
digunakan di masa mendatang.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar